Saturday, April 27, 2013

metode survei dalam penelitian

Metode survei dalam penelitian

Metode survei dalam penelitian digunakan untuk mengumpulkan data atau informasi tentang populasi yang besar dengan menggunakan sampel yang relative kecil. Populasi tersebut berkenaan dengan orang, instansi, lembaga, organisasi, unit-unit kemasyarakatan, tetapi sumber utamanya tetap orang. Ada tiga karakteristik utama dari teknik survai ; 1) informasi dikumpulkan dari sekelompok besar orang untuk mendeskripsikan beberapa aspek atau karakteristik tertentu seperti kemampuan, sikap, kepercayaan, pengetahuan dari populasi. 2) informasi diajukan melalui pengajuan pertanyaan dari suatu populasi, 3) informasi diperoleh dari sampel, bukan dari populasi.

Metode survai digunakan untuk memperoleh gambaran umum tentang karakteristik populasi, seperti kondisi masyarakat berdasarkan kelompok usia, jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan, agama, suku bangsa, dan etnis. Metode survai banyak digunakan dalam bidang: ekonomi, bisnis, politik, pemerintahan, kesehatan, masyarakat, sosiologi, psikologi, dan pendidikan. Dalam pendidikan dan kurikulum pembelajaran, survai digunakan untuk menghimpun data tentang siswa, seperti sikap, minat dan kebiasaan belajar, hubungan dan pergaulan antar siswa, hobi dan penggunaan waktu senggang, cita-cita dan rencana karir. Data tentang keadaan dan perkembangan sekolah juga dapat dihimpun melalui survai, seperti data tentang jumlah siswa, guru, tata usaha, jumlah dan kondisi ruang kelas, kantor, laboratorium, perpustakaan, jumlah dan jenis buku.

Survai merupakan metode penelitian yang cukup popular dan banyak digunakan dalam penelitian. Nana Syaodih Sukmadinata (2005:83) mengemukakan bahwa ada tiga hal yang melatarbelakangi popularitas dan banyaknya digunakan metode survai. Pertama: metode survai bersifat serbaguna, dapat digunakan untuk menghimpun data hamper dalam setiap bidang dan permasalahan. Kedua: penggunaan survai cukup efisien dapat menghimpun informasi yang dapat dipercaya dengan biaya yang relative murah. Ketiga: survai menghimpun data tentang populasi yang cukup besar dari sampel yang relative kecil. Dalam interpretasi dan penyimpulan hasil survai, peneliti mengadakan generalisasi, dan penarikan generalisasi dimungkinkan karena sampel mewakili populasi.


2 comments: